KEMAJUAN TEKNOLOGI YANG MENDUKUNG KREATIVITAS ANAK BANGSA

KEMAJUAN TEKNOLOGI YANG MENDUKUNG KREATIVITAS ANAK BANGSA

Sekarang zaman sudah sangat lah berubah jika dibandingkan dengan zaman dahulu, lebih tepatnya pada tahun 1980-1990an. Era dimana teknologi belum berkembang pesat seperti zaman sekarang, pada zaman itu televise masih berwarna hitam putih, telpon genggam juga belum ada dan iklan-iklan di jalanan didesain menggunakan teknik manual karena belum ada teknik cetak yang bisa mencetak dengan ukuran sangat besar. Maka dari itu iklan-iklan di jalan seperti baliho, spanduk dan lain lain, didesain menggunakan teknik manual atau biasa disebut reklame. Kemudian pada era millennium yaitu abad 20-an, teknologi sudah berkembang pesat mulai dari telpon genggam yang sudah bisa dimiliki oleh kebanyakan orang walaupun masih dengan layar hijau dan tulisan hitam, kemudian semua televisi sudah berwarna, semakin banyak acara-acara hiburan dan acara yang berkualitas dan iklan-iklan di jalan sudah mulai menggunakan teknik cetak (printer). Dengan adanya semua fasilitas tersebut sangatlah membantu untuk memberikan referensi untuk membuat suatu karya terutama bagi orang-orang yang bekerja dibidang kreatif seperti pelukis dan penyanyi. Lalu kita sekarang sudah memasuki abad ke-21, dimana teknologi berkembang sangat cepat yang membuat informasi sangat mudah dan cepat tersebar dalam hitungan detik saja. Penyebaran informasi yang cepat juga dibantu dengan internet, maka dari itu peran internet sangatlah penting pada era ini. Informasi yang tersebar bermacam-macam, mulai dari berita, iklan serta hiburan, untuk berita kita bisa mengetahui berita dari mana saja, luar maupun dalam negeri, kemudahan mengakses berita membaut orang-orang aktif dan haus akan informasi terbaru yang seakan mengharuskan setiap orang untuk mendapatkan informasi terbaru. Sedangkan untuk hiburan sendiri sangatlah membutuhkan peran aplikasi atau website seperti youtube, instagram dan facebook. Ketiga aplikasi atau website tersebut adalah aplikasi yang sangat merajalela pada abad 21 ini, karena ketiga aplikasi tersebut mudah dipakai dan sangat memudahkan kita untuk mengakses informasi terbaru. Kemudian untuk iklan pada zaman sekarang menurut saya tidak perlu lagi menggunakan baliho yang harus mengeluarkan biaya untuk menyewa, karena tidak efisien dan mahal. Zaman sudah modern, namun masih tetap saja yang menggunakan baliho sebagai media iklan, alternatifnya adalah kita seharusnya menggunakan sosial media untuk mengiklankan suatu produk karena iklan yang tersebut di internet lebih mudah menyebar dan tidak hanya dilihat oleh orang lokal saja namun bisa juga dilihat oleh orang-orang yang berada di luar negeri namun dengan syarat harus menggunakan bahasa inggris. Namun menurut saya bahasa Inggris tidaklah sulit, justru bahasa Indonesia-lah yang sulit. Indonesia termasuk negara dengan bahasa tersulit yang ada di dunia sama seperti Korea dan Jepang, sedangkan bahasa Inggris adalah bahasa termudah yang buktinya menjadi bahasa internasional. Kesimpulannya adalah dengan semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah pula kami para pekerja dibidang kreatif untuk mencari referensi dan untuk memperluas jaringan. Dan tidak hanya dibidang kreatif, orang-orang umum pun menjadi mempunyai wawasan yang lebih luas bukan? Dampak buruk dari perkembangan teknologi adalah orang-orang menjadi mudah percaya, entah itu berita baik dan buruk. Orang yang berniat buruk bisa dengan mudahnya menyebarkan berita palsu yang faktanya berkebalikan dengan kebenaran atau malah sebaliknya. Selain mudah terpengaruh, orang-orang juga lebih sering bermain telpon genggam daripada bersosialisasi, saya sangatlah sedih jika melihat orang-orang zaman sekarang, mereka berkumpul dengan teman-teman serta keluarga mereka masing-masing namun saat berkumpul mereka malah bermain telpon genggam, pribadi masing-masing melihat ponsel mereka masing-masing pula.

EMERALDA KEZIA BEATRICE SINGAL 11161024 BAHASA INDONESIA STSRD VISI YOGYAKARTA

Komentar